BELI RUMAH DI VILA BOGOR INDAH 6, KPR PASTI ACC ? berikut langkah – langkahnya.

BELI RUMAH DI VILA BOGOR INDAH 6, KPR PASTI ACC ? berikut langkah – langkahnya.

Assalamu.alaikum Wr. Wb.

Dalam tulisan saya ini ingin sharing dengan teman – teman semua bagi anda yang ingin berinvestasi properti seperti Beli Rumah, Rukan dan Apartemen dengan cara pembayaran menggunakan pihak ketiga atau biasa disebut Kredit Pemilikan Rumah (KPR). YUkkk, kita belajar bersama saya supaya Anda memiliki rumah dengan KPR tanpa harus ditolak Bank. Tulisan ini berdasarkan pengalaman saya sebagai sales property di Vila Bogor Indah 6.

Vila Bogor Indah 6
Vila Bogor Indah 6

Rumah adalah tempat hunian yang paling penting dalam kehidupan kita sehari-hari selain untuk tempat tinggal rumah juga adalah tempat bercerita, memulai kehidupan,  dan bisa menjadi inspirasi buat kita semua. Nah, rumah tidak semua orang mampu memilikinya ada orang yang hanya sanggup menyewa rumah atau disebut ngontrak setiap bulannnya. Ada juga orang yang ingin memiliki rumah dengan hasil – hasil pas-pasan tapi terkendala dengan data data yang diperlukan oleh Bank serta tidak tahu apa yang harus dilakukan oleh kita sebagai konsumen untuk memiliki rumah dengan cara pembayaran Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Berikut yang harus kita ketahui beli rumah dengan cara KPR, terutama data pribadi kita selain developer.

  1. BI Cheking Clear

Ini adalah tips yang paling penting dalam mengajukan KPR ke pihak Bank manapun karena pasti akan dilihat track record didata perbankan anda. Bank akan melakukan pengecekan karakter Anda di BI checking. Tujuannya memastikan bahwa Anda memiliki catatan kredit yang baik dan bersih. Dalam BI checking tercatat semua pinjaman yang pernah Anda ambil di perbankan dan lembaga keuangan. Di dalamnya ada catatan penting soal ketaatan Anda dalam membayar cicilan kredit. Berdasarkan pengalaman Saya, bank cukup ketat dalam melihat hasil BI checking. Jika pernah menunggak, kemungkinan besar bank akan menolak permohonan pinjaman Anda. Oleh karena itu, sebelum mengajukan kredit KPR, pastikan catatan kredit Anda bersih. Jika merasa punya tunggakan atau pernah tidak membayar, segera urus dan selesaikan tunggakan tersebut di bank atau lembaga keuangan terkait. Untuk mengetahui status di BI checking, Anda bisa mengajukan pengecekan informasi debitur ke OJK atau Bank Indonesia (BI) sebagai pihak yang menyimpan semua data – data debitur di Indonesia. Cukup siapkan KTP dan NPWP bisa datang ke Bank yang anda tuju atau datang ke kantor OJK. OJK akan memberikan hasil pengecekan informasi debitur kepada Anda.

Saya Sebagai sales Vila Bogor Indah 6 biasanya sebelum konsumen membayar booking fee, melakukan pengecekan BI Cheking terlebih dahulu untuk memastikan keakuratan data konsumen di perbankan. Jika Hasilnya bagus maka saya akan melanjutkan ke tahap booking, jika ada yang kurang bagus maka saya arahkan untuk perbaikan data terlebih dahulu dengan memberikan edukasi pembayaran angsuran tepat waktu.

2. Punya Bukti Penghasilan Yang Tetap

Ini adalah salah satu dokumen paling penting karena menjadi dasar bank untuk menyetujui kredit atau tidak. Dokumen yang menunjukkan sumber penghasilan yang digunakan untuk membayar cicilan kredit. Biasanya dokumen yang diminta adalah slip gaji untuk karyawan dan mutasi rekening koran untuk pengusaha. Menurut pengalaman, pengusaha lebih sulit membuktikan sumber penghasilan yang bisa diterima bank dibandingkan karyawan. Pengajuan kredit KPR ke bank dimana Anda memiliki rekening gaji atau payroll biasanya lebih mudah disetujui karena bank tersebut tahu persis aliran gaji Anda. Bagi bank sangat penting mengetahui SOR (source of repayment) dari nasabah yang dikucurkan kredit.

3. Status Karyawan

Ini penting juga untuk Anda yang ingin membeli rumah secara KPR, status karyawan akan ditanyakan atau pihak Bank akan meminta surat keterangan karyawan, karena bank pastinya akan memverifikasi status karyawan Anda diperusahaan tersebut valid atau tidaknya. Biasanya Bank akan memverifikasi data untuk Anda yang sudah menjadi karyawan tetap. Bagi anda yang status karyawannya masih kontrak / honorer akan ada masa kerja diperhitungkan lebih lama lagi. Kebanyakan dari Bank yang ada di Indonesia hanya sedikit sekali yang menerima status karyawan honorer / tenaga kontrak. Jadi pastikan status karyawan Anda jika ingin membeli rumah secara KPR.

Biasanya saya sebagai sales Vila Bogor Indah 6 terlebih dahulu menanyakan perihal status karyawan diperusahaan dimana konsumen bekerja sebagai karyawan tetap atau karyawan kontrak.

4. Persyaratan Berkas KPR

Namun untuk bisa membeli rumah secara kredit melalui KPR ini, ada beberapa syarat yang harus Anda perhatikan. Berikut merupakan syarat-syarat Membeli Rumah Secara Kredit Dengan KPR.

  1. Fotokopi rekening koran 3 bulan terakhir (karyawan)
  1. Surat keterangan bekerja
  2. Slip gaji 3 bulan terakhir
  3. Menjadi pegawai tetap minimal 2 tahun
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi KK (Kartu Keluarga)
  6. Fotokopi Surat Nikah
  7. Dan lain-lain tergantung masing-masing bank.

Mungkin itu gambarannya teman – teman jika Anda ingin melakukan pembelian rumah di Vila Bogor Indah 6, maka saya sarankan anda mengikuti langkah – langkah tersebut diatas. Besar kemungkinan proses KPR Anda berjalan dengan baik tanpa ada kendala.

Penulis : Aep Nurbaeni, Amd. Kom, SE, MM

081288199432

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Hallooo,, Saya Ingin Lebih Tahu Detail tentang Vila Bogor Indah 6